STYLE RAMBUT YANG HARAM - Belog Kak Gojes

Latest

PERSONAL/LIFESTYLE/FOOD/ENTERTAINMENT/TIPS/NOVEL

BANNER 728X90

06 Ogos 2017

STYLE RAMBUT YANG HARAM


STYLE RAMBUT YANG HARAM


Assalamualaikum dan salam sejahtera,

STYLE RAMBUT YANG HARAM || Eh...adakah style rambut yang haram? Ada. QozaApa itu qoza’? Qoza’ adalah memotong rambut secara tidak rata sehingga sebagian dicukur habis (dibotaki), sebagian lainnya tidak dipotong atau dibiarkan panjang. Di zaman sekarang, banyak model qoza’ terutama dilakukan oleh anak muda. Umumnya qoza’ di masa kini membentuk seperti ukiran, suatu lambang, atau hanya garis saja. Haaaah..ahkak pun baru tau jugak. Rupanya style rambut macam tu haram tapi ramai saja rakan-rakan ahkak yang tiru style rambut macam tu. Sekali pandang memanglah stylo sangat rambut tu, tapi tahukah ianya adalah HARAM Ha Alif Ro Mim! Samada style yang trending ka atau apa ka, hukumnya tetap haram.

Tidak ramai yang tahu. Oleh itu mari kita bagitahu dan sebarkan. Ramai juga dikalangan pemain bolasepak kita yang ada rambut style qoza ni kan. Yang ahkak ingat sangat ex asben Rita Rudaini tu dan kembarnya. Hahahah, tak ingat nama sebab tak minat dorang. Ingat kontroversi dorang saja.

Apa itu QOZA?

Qoza’ ternyata telah dijumpai pada zaman Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan para sahabat radhiyallahu ‘anhum. Saat itu, qoza’ biasanya dilakukan oleh orang-orang jahiliyah. Sedangkan bagi umat Islam, Rasulullah menegaskan bahwa qoza’ merupakan perbuatan yang dilarang.

عَنْ نَافِعٍ مَوْلَى عَبْدِ اللَّهِ أَنَّهُ سَمِعَ ابْنَ عُمَرَ – رضى الله عنهما – يَقُولُ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – يَنْهَى عَنِ الْقَزَعِ

Dari Nafi’ Maula Abdullah bahwa ia mendengar Ibnu Umar radhiyallahu anhuma mengatakan: Aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melarang qoza’ (HR. Bukhari)

Hadits lain melalui jalur Anas bin Malik juga menegaskan larangan yang sama

عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – نَهَى عَنِ الْقَزَعِ


Dari Ibnu Umar bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melarang qoza’ (HR. Bukhari)

Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan qoza’ adalah:

يُحْلَقُ بَعْضُ رَأْسِ الصَّبِىِّ وَيُتْرَكُ بَعْضٌ

Mencukur sebagian rambut dan membiarkan sebagian lainnya (HR. Muslim)

Rasulullah juga pernah melihat qoza’ secara langsung lalu beliau melarangnya.

رأَى رسُولُ اللهِ – صلى الله عليه وسلم – صَبِيّاً قَدْ حُلِقَ بَعْضُ شَعْرِ رَأسِهِ وَتُرِكَ بَعْضُهُ ، فَنَهَاهُمْ عَنْ ذَلِكَ ، وقال : احْلِقُوهُ كُلَّهُ ، أَوِ اتْرُكُوهُ كُلَّهُ

Rasulullah shallallahu alaihi wasallam pernah melihat anak yang dicukur sebagian rambutnya dan dibiarkan sebagian lainnya, maka beliau melarang hal itu dan bersabda: “Cukurlah seluruhnya atau biarkan seluruhnya” (HR. Abu Daud dan An Nasa’i)

Rujukan : DISINI

style rambut yang haram, style qaza, qoza, apa itu qoza, apa itu qaza, kenapa style qaza haram?
Gambar : google

4 ulasan:

  1. fesyen bgini la paling byk org buat kan kak..

    BalasPadam
  2. Terima kasih atas perkongsiannya ;)

    BalasPadam
  3. Bahaya kalau ikut sevab trend aje...

    BalasPadam
  4. Dulu masa remaja selalu buat macam ni.. sebab nampak cool.. tapi nasib sekarang dah tau..

    kalau tau awal2 dulu haram, memang tak buat pun.. huhu

    BalasPadam

sila beri respon dgn n3 ini, agar saya rasa dihargai
tenkiu atas kritikan+komen korank...